Thursday, June 5, 2008

Sad Ales


Malam tadi Ale mengelundung dari pangkuan saya... eh ternyata gusinya berdarah. saya langsung panik soalnya sebelum ini Ale belum pernah berdarah. pernah sih kejedod kepala saya waktu di mobil, karena omnya yang baru bisa nyetir yang jadi supirnya.... tapi ga berdarah jadi saya ga terlalu panik. beda halnya dengan tadi malam. walaupun Ale nangisnya ga seberapa tapi saya sangat sedih melihatnya... Ayahnya langsung bilang bahwa ga apa-apa padahal kan Iva juga yang pernah bilang bahwa bayi itu cepat sembuhnya... memang agak tenang sih ketika Ayahnya bilang gitu. Tapi tetap aja sedih melihat Ale..hik hik hik
yah mudahan kedepannya ga akan terjadi lagi hal-hal seperti itu lagi...yah semoga

Wednesday, June 4, 2008

My activity


kalau Ale sedang tidur kegiatan yang kulakukan itu kebayakan ngisi blog dan ngisi diary baby atau ngisi blog dan bisa juga sekali-kali nulis puisi ii deh puisinya...


Penyakit dan Bangkit

Badannya penuh borok
mukanya penuh jerawat bernanah
kulitnya ditumbuhi bisul beringas
semua menambah bebannya

Hamparan kulit mulus yang dulu ku lihat
hancur tercabik-cabik luka
luka durjana karena bakteri yang memiliki otak pintar
pintar membuat luka di dalam hatinya

Jantung yang tertusuk perasaan marah
namun hanya gempa dan bencana yang dapat membalasnya
walaupun sudah berjuang melepas cinta
dalam tumbuhnya benih-benih pohon harapan
namun yang ada masih saja polusi laknat
untuk kegemukan segelintir kuman penyakit

Biarkan aku menjadi ulat
walaupun menjijikkan namun bisa menjadi kupu-kupu
yang memperindah parasmu

biarkan aku menjadi pohon
yang akan tumbuh kokoh beranak pinak
yang menyembuhkan lukamu

biarkan aku menjadi diriku
yang mencintaimu apa adanya
karena hanya turut menanggung hutang
dari orang yang tidak merasa harus bertanggung jawab

biarkan doaku menyelimutimu
biarkan cintaku membakar semua kelam sejarahmu
sekarang kita akan bangkit bersama
menyongsong hari esok yang cemerlang
yang tiada luka

matilah semua durjana
perusak bangsa, penyakit semesta.
damailah bangsaku, puaslah rakyatku.

Monday, May 19, 2008

post lagi

Sebenarnya sih mau mengubah blog cuman belom belajar. abis ayahnya Ale sibuk ama webnya akhir-akhir ini. jadinya posting lagi deh. Padahal saya sangat malas posting karena tampilan blognya yang agak kurang menurut saya....ah sekarang mo belanja dulu ke mini market. udah dulu deh

Monday, May 12, 2008

Great Ale

























Saya selalu dan selalu melihat bahwa Ale itu bayi yang hebat maklum new parent he he he...mulai dari tertawanya hingga tangisannya. Ale semenjak lahir ga terlalu merepotkan malah mamanya yang merepotkan orang he he he.... tidurnya normal-normal aja kecuali akhir2 ini jam 10 baru mau tidur. trus Ale itu bisa tertawa bila di ajak bercanda mulai dari umur 3 minggu trus kalau di perdengarkan musik Ale tertawa padahal waktu itu umurnya masih seminggu. Sekarang Ale sudah bisa tengkurap dan kegiatan yag paling di senanginya sekarang adalah meniru muka kita bila kita ajak bercanda. Ale sangat senang bila Ayah atau Mamanya bernyanyi dia akan terus tersenyum dan tersenyum. Kalau ketemu orang Ale itu selalu dipuji-puji ih pintarnya atau iih cakepnya. Kami sangat bersyukur punya Ale karena sekarang rumah jadi rame walaupun capek juga sih.... Sekarang Alenya lagi bobo jadi saya bisa nge-blog lagi deh.. Ale itu bayi yang mudah di atur sekarang aja udah sering ga pipis malam kalaupun pipis paling cuma sekali dan biasanya saya tampung di botol supaya ga kemana2 pipisnya karena mungkin karena ASI kali ya...
menyusunya kala malam itu bisa sekali atau dua kali bila malam hari.
Sekarang Ale udah 4 bulan 6 hari ga terasa waktu berlalu. Ale suka ngoceh sendiri ataupun kalau diajak ngomong....
Kalau bangun tidurpun Ale langsung tersenyum dan meraba-raba muka mama atau ayahnya kalau dia melihat mama atau ayahnya bobo dekat dia.
memang bagiku Ale itu bayi yang hebat karena dia bayi ku dan memang hebat he he he

Saturday, May 3, 2008

Pipis, Poo poo dan Cara memipiskan bayi


Kemaren malam Ale ga pipis semalaman. pas paginya langsung pipisnya banyak banget. eh kalau anaknya laki-laki dan ga tahan pake diaper pipiskan saja di botol jadi ga repot urusannya. Biasanya bayi pipis setelah bangun bobo. Jadi kalau bangun bobo langsung dipipiskan. kalau poo poo biasanya setelah menyusu kalau bayi belum 40 hari setelah itu tergantung kebiasaan bayi apakah setiap hari, dua hari atau 3 hari sekali. Yang terpenting bayi tidak kesakitan bila poopoo dan poopoonya normal saja ( berwarna kuning dan agak lembek ). kalau Ale poopoonya biasanya pagi. kalau bayi mau poopoo rebahkan bayi pada bantal yang agak tinggi yang di letakkan di kaki anda. dan sediakan penampung di bawah kaki anda sehingga poopoonya tidak kemana-mana. biasanya sebelum dan setelah poopoo bayi akan pipis. akan sangat mudah mengurus pipis dan poopoo bayi dengan cara diatas.
oh ya kalau ingin menghentikan anak ngompol harus lebih sabar dan mencatat jam bayi pipis karena dengan mencatat jam bayi pipis akan lebih mudah mengontrol pipisnya. Biasanya jam pipis bayi itu hampir sama setiap harinya. Jadi tinggal kita aja lagi membawa bayinya ke kamar kecil atau dipipiskan di pispot. Ale sih sekarang sadah jarang-jarang pipis malamnya. kalaupun pipis saya tampung di botol dan setelah dia bobo lagi baru di buang karena Ale ga kuat pakai diaper. Kalau poopoonya tampung aja dalam wadah kecil dan membasuhnya lebih baik dengan air mengalir sehingga lebih mudah bersihnya.

Monday, April 14, 2008

Cara Menyendawakan Bayi

Pada bayi yang pencernaan nya belum sempurna (di bawah 6 bulan) sangat di anjurkan untuk disendawakan.

Ketika bayi menyusu, seringkali udara ikut-ikutan masuk bersama susu. Biasanya, volume udara yang tertelan oleh bayi yang minum ASI lebih sedikit ketimbang bayi yang minum susu botol. Nah, volume udara yang masuk ini akan lebih banyak lagi jika cara menyusunya kurang tepat, si kecil tidak tenang, atau baru saja menangis berkepanjangan akibat marah atau kelaparan. Kok, bisa? Ketika susu masuk ke dalam lambung bayi, udara yang masuk ‘tertahan’ di bagian atas lambung. Akibatnya, perutnya kembung. Bayi pun jadi rewel.

Pada bayi yang suka mengemut tangannya atau yang pakai emping juga penting untuk disendawakan karena biasanya bayi kemasukan angin pada saat melakukan hal tersebut.

Untuk menghindari perut bayi kembung, segera sendawakan setelah ia menyusu pada masing-masing payudara. Sebenarnya, ada 3 posisi yang umum digunakan untuk menyendawakan bayi.

Posisi menghadap ke belakang

- Letakkan handuk kecil atau saputangan pada bahu Anda untuk menahan muntahan susu.
- Gendong bayi menghadap ke belakang dengan bertopang pada bahu Anda.
- Tegakkan tubuhnya dan biarkan kepalanya bersandar di bahu Anda.
- Gunakan satu tangan untuk menahan tengkuk dan bokongnya, sementara tangan lainnya mengelus-elus punggungnya sampai dia bersendawa.

Posisi tengkurap di pangkuan

- Telungkupkan si kecil di atas pangkuan.
- Topanglah dadanya dengan tangan agar kepalanya sedikit lebih tinggi dari tubuhnya.
- Elus-elus punggungnya sampai dia bersendawa.

Posisi digendong di depan

- Gendonglah bayi dengan cara menyangga tengkuk dan bokong di depan tubuh Anda.
- Usahakanlah agar kepalanya sedikit lebih tinggi dari dadanya.
- Letakkan handuk kecil atau saputangan di dadanya untuk menampung muntahan.
- Elus-elus punggungnya sampai dia bersendawa.

kalau saya suka mengendong Ale dengan posisi ditengkurapkan di tangan tapi sambil di gendong.

Thursday, April 10, 2008

Jalan-jalan



Ale itu tahu sekali kalau mau jalan-jalan. kalau sudah di gendong dengan menggunakan gendongan Ale langsung ga sabar untuk di ajak jalan. kalau kita masih dalam rumah maka Ale akan protes yang akhirnya akan menangis. Biasanya kalau pagi dia minta jalan keluar rumah untuk melihat burung. Kalau di bawa jalan jalan lama-lama Akan tertidur. Dia kelihatan puas dalam tidurnya karena meninggalkan senyuman.

Pegangan dan Health


Sekarang Ale bisa memegang benda dan berusaha mengangkatnya. Ah Ale sekarang makin besar saja. sehang rasanya melihat Ale tumbuh dengan sehat dan ceria. Kalau sekarang ini Ale masih ASI jadi masih ga pernah sakit.

Wednesday, April 9, 2008

Tengkurap.

Sekarang Ale sudah benar-benar bisa tengkurap jadi tiap hari dari pagi sampai sore kerjanya tengkurap terus. Senangnya kalau dia tengkurap. Ale juga suka mengangin wajah mama atau ayahnya.

Makanan Bayi dan Balita

Bayi sebaiknya di berikan ASI eklusif hingga usia 6 bulan. Karena bagi bayi usia tersebut tidak ada makanan lain yang sebaik ASI. Namun jika kondisi tertentu, seperti produksi ASI tidak mecukupi kebutuhan nutrisi bayi atau alasan medis yang lain, maka pada usia 4 bulan bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI. Menginjak usia 6 bulan ke atas, ASI sebagai sumber nutrisi sudah tidak mencukupi lagi kebutuhan gizi yang terus berkembang. Perlu diberikan makanan pendamping ASI. Teks & Foto: Budi Sutomo

Bayi dilahirkan dengan kemampuan refleks makan, seperti mengisap, menelan dan akhirnya mengunyah. Pemberian makanan pendamping ASI harus disesuaikan dengan perkembangan sistem alat pencernaan bayi, mulai dari makanan bertekstur cair, kental, semi padat hingga akhirnya makanan padat. Secara umum kesiapan bayi menerima makanan pendamping ditandai dengan hal-hal berikut:
1. Bayi mulai memasukan tangan ke mulut dan mengunyahnya.
2. Bayi merespon dan membuka mulutnya saat disuapi makanan.
3. Hilangnya refleks menjulurkan lidah
4. Bayi lebih tertarik pada makanan dibandingkan botol susu atau ketika disodorkan puting susu.
5. Bayi rewel atau gelisah padahal sudah diberi asi atau susu formula sebanyak 4-5 kali sehari.
6. Bayi sudah bisa duduk sambil disangga dan sudah mampu menegakkan kepalanya.

Variasi Makanan Pendamping
Memberikan makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan secara bertahap baik dari tekstur maupun jumlah prosinya. Kekentalan makanan dan jumlah harus disesuaikan dengan ketrampilan dan kesiapan bayi di dalam menerima makanan. Dari sisi tekstur makanan, awalnya bayi diberi makanan cari dan lebut, setelah bayi bisa menggerakan lidah dan proses mengunyah, bayi sudah bisa diberi makanan semi padat. Sedangkan makanan padat diberikan ketika bayi sudah mulai tumbuh gigi geligi. Porsi makana juga berangsur mulai dari satu sendok hingga berangsur-angsur bertambah sesuai porsi bayi.

Sebaiknya pengenalan makanan bayi dimulai dari satu jenis makanan, misalnya pisang, papaya, avokad. Perhatikan responnya, apakah bayi mentoleransi atau tidak. Bayi biasanya lebih menyukai makanan manis dan bayi biasanya akan memuntahkan jika tidak suka. Jangan dipaksakan jika bayi menolak, berikan jenis makanan pengganti lain dengan rasa berbeda sebagai gantinya. Ketrampilan menelan pada bayi tergantung pada rangsangan yang tepat pada saraf pengecapannya. Karenanya berikan makanan manis seperti sari buah-buahan pada ujung lidah. Dan sayuran pada bagian tengah. Kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah. Citarasa sayuran cenderung langu dan kurang diminati bayi, agar terbiasa makan sayuran, kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah.

Pada usia 6-9 bulan tekstur makanan sebaiknya makanan cair, lembut atau saring, seperti bubur buah, bubur susu atau bubur sayuran saring/dihaluskan. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai beralih ke makanan kental dan padat namun tetap bertekstur lunak, seperti aneka nasi tim. Usia 12-24 bulan bayi sudah mulai dikenalkan makanan keluarga atau makanan padat namun tetap memperhatikan rasa. Hindari makanan-makanan yang dapat menggangu organ pencernaan, seperti makanan terlalu berbumbu tajam, pedas, terlalu asam atau berlemak. Pada masa ini kenalkan finger snack atau makanan yang bisa dipegang seperti cookies, nugget atau potongan sayuran rebus atau buah. Ini penting untuk melatih ketrampilan di dalam memegang makanan dan merangsang pertumbuhan giginya.

Organ pencernaan bayi belum sesempurna orang dewasa, makanan tertentu bisa menyebabkan ganguan pencernaan, seperti sembelit, muntah atau perut kembung. Makanan yang dihindari seperti, makanan yang mengandung gas, durian, nangka, cempedak, tape, kol dan kembang kol.

Makanan untuk Daya Tahan Tubuh Bayi

Makanan yang diberikan bayi harus tepat baik jenis makanannya, jumlahnya hingga kandungan gizinya. Meskipun secara fisik masih bayi namun kebutuhan akan jenis zat gizi, bayi sama dengan orang dewasa, yaitu karbohidrat untuk sumber tenaga (padi-padian, kentang), protein nabati dan hewani untuk pertumbuhan (susu, daging, telur, ikan, kacang-kacangan), vitamin dan mineral untuk menjaga dan memelihara kesehatan.
Agar bayi tumbu sehat diperlukan vitamin A agar kesehatan matanya terjaga dan menjaga dari serangan inveksi. Vitamin D baik untuk pertumbuhan gigi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari serangan penyakit, bayi memerlukan beragam vitamin dan mineral esensial. Seperti vitamin C, E, A dan seng. Sedangkan golongan antioksidan penangkal radikal bebas bayi perlu golongan vitamin A,E dan C.

Variasi Bubur untuk Bayi
Bubur susu cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas, teksturnya yang lembut mudah dicerna dan diserap alat pencernaan bayi. Penambahan tepung seperti tepung beras atau tepung maizena bisa dilakukan. Tujuan penambahan tepung adalah meningkatkan nilai gizi dari bubur, susu sebagai sumber protein dan tepung sebagai sumber karbohidrat pemberi energi bayi. Sebenarnya variasi makanan bayi tidak hanya bubur susu. Yang perlu diperhatikan adalah dalam pemilihan susu, jika menggunakan susu olahan berikan susu formula yang sesuai dengan usia bayi. ASI juga bisa ditambahkan ke dalam bubur susu, proses membuatnya setelah tepung direbus dengan air atau kaldu (air rebusan daging ayam/daging atau ikan) hingga matang dan mengental, tambahkan larutan susu formula hangat atau ASI, baru diaduk rata. Susu apalagi ASI sebaiknya jangan direbus karena akan merusak kandungan gizinya, cukup diseduh dengan air panas/hangat dan di campur dengan bubur tepung.

Variasi makanan pendamping asi tidak hanya bubur tepung, bubur buah dan bubur sayuran. Perlu diberikan selang-seling dengan bubur susu agar kebutuhan akan vitamin dan mineral bayi terpenuhi. Bubur buah bisa menggunakan avokad, sari jeruk manis, papaya, melon, semangka atau pisang. Jangan menggunakan buah-buahan terlalu asam dan berserat kasar seperti nanas karena bayi belum pencernaan bayi belum bisa menerima. Sayuran seperti wortel, kacang merah, kacang hijau, tomat dan kentang juga bisa dibuat bubur sayuran. Cairan yang digunakan bisa kaldu daging, kaldu ikan, kaldu ayam atau kaldu sayuran.

Bubur Susu Maizena
Bahan:
1 sdm tepung maizena
40 g bayam, cuci, rebus, haluskan
150 ml ASi atau 3 sdm susu formula lanjutan yang dilarutkan dengan dengan 100 ml air hangat
200 ml air matang/kaldu sayuran
Cara Membuat:
1. Larutkan tepung maizena dengan 200 ml air matang/kaldu sayuran. Didihkan hinga matang dan mengental. Angkat.
2. Sesaat sebelum diangkat, masukan bayam. Aduk rata, angkat dari perapian.
3. Selagi hangat masukan ASI atau larutan susu formula lanjutan, aduk rata.
4. Tuang ke dalam mangkuk saji. Hidangkan hangat.
Untuk 2 porsi

Kandungan ± Nutrisi per porsi:
Protein: 3.8 g
Lemak: 1.1 g
Karbohidrat: 19.8 g
Energi: 61.3 kkal

Kaldu Sayuran:
60 g wortel, potong-potong
40 g batang sledri, potong-potong
200 ml air
Cara Membuat:
Campur semua bahan kaldu, rebus denga api kecil hingga mendidih, angkat, saring.

Nasi Tim
Variasi nasi tim untuk MP-ASI sebaiknya jangan menggunakan bahan yang monoton. Variasikan setiap hari, ini penting agar bayi tercukupi semua gizinya. Mengingat kandungan gizi setiap bahan pangan juga berbeda satu dengan yang lain. Selain nasi sebagai bahan utama sumber karbohidrat, di dalam nasi tim sebaiknya mengandung protein hewani atau nabati dan sayuran. Seperti nasi tim, ditambah dengan daging cicang dan potongan kecil wortel. Atau nasi tim dikombinasi dengan tahu, tomat atau bayam.

Nasi Tim Hati Ayam
Bahan:
60 g beras, cuci bersih
50 g hati ayam, rebus lalu haluskan/cincang
40 g wortel, potong dadu kecil
40 g tomat, buang bijinya, potong dadu kecil
Kaldu Ayam:
100 g, tulang ayam/kaki ayam, cuci bersih
500 ml air
1 batang daun bawang, potong-potong
Cara Membuat:
1. Kaldu Ayam: Rebus semua bahan kaldu hingga mendidih. Angkat, saring.
2. Tuang air dalam panci, panaskan hingga mendidih.
3. Siapkan pinggan tahan panas atau panic, masukkan beras, kaldu dan wortel, aduk rata. Letakan pinggan tahan panas/panci di atas panci yang berisi air mendidih. Tutup panci, masak hingga beras matang dan lembut.
4. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan rebusan hati ayam dan potongan tomat, aduk rata. Masak kembali selama 2 menit. Angkat.
5. Masukkan nasi tim ke dalam mangkuk atau piring saji. Berikan pada bayi dalam kondisi hangat.
Untuk 2 Porsi

Kandungan ± nutrisi per porsi
Protein: 7.3 g
Lemak: 1.1 g
Krbohidrat: 27.8 g
Energi: 150.5 kkal

Makanan yang Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Bubur tepung beras/beras merah, dimasak dengan menggunakan cairan air/kaldu daging/sayuran, susu formula, ASI atau air.
2. Bubur tepung baik tepung maizena, dimasak dengan kaldu atau susu formula/ASI
3. Pure buah atau buah yang dihaluskan, seperti pisang, papaya, melon, apel, avokad.
4. Pure sayuran, sayuran yang direbus kemudian dihaluskan menggunakan blender. Sayuran yang dianjurkan, kacang polong, kacang merah, wortel, tomat, kentang, labu kuning. Selama memblender sayuran sebaiknya ditambah dengan kaldu atau air matang agar tekstur sayuran dapat lembut.
5. Pure Kacang, kacang merah/kacang hijau/kacang polong yang direbus dengan kaldu hingga empuk kemudian di haluskan dengan blender. Pastikan blender dan alat saji berlabel food grade agar aman bagi bayi.
6. Daging, pilih yang tidak berlemak
7. Ayam, pilih daging ayam kampung muda tanpa tulang, kulit dan lemak.
8. Ikan, pilih daging ikan tanpa duri seperti fillet salmon, fillet ikan kakap dan gindara.

Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Semua jenis makanan yang mengandung protein gluten, biasanya terdapat di dalam tepung terigu, barley, biji kandum, cookies dari tepung terigu dan havermut. Protein gluten di dalam bahan pangan ini seringkali menyebabkan reaksi gluten intolerance yang menyebabkan perut kembung, mual dan diare pada bayi.
2. Hidari pemberian gula, garam, bumbu masak/penyedap rasa terhadap makanan bayi.
3. Makanan terlalu berlemak
4. Buah terlalu asam, seperti jeruk, sirsak
5. Makanan terlalu pedas atau berbumbu tajam, hindari cabe, lada dan asam
6. Susu sapi dan olahannya. Khususnya untuk bayi yang memiliki reaksi alergi terhadap susu sapi atau lactose intolerance
7. Buah-buahan mengandung gas, durian, cempedak, pemicu kembung dan sembelit
8. Sayuran mengandung gas, kol, kembang kol, lobak, pemicu perut kembung
9. Kacang tanah, bisa menyebabkan alergi atau pemicu anaphylactic shock atau pembengkakan pada tenggorokan sehingga bayi susah bernapas.
10. Seringkali telur memicu alergi, berikan bertahap dengan porsi kecil dan lihat reaksinya. Jika tidak menimbulkan alergi telur bisa diberikan.

Jadwal Pemberian Makanan Pada Bayi
Pola makan bayi sebenarnya tidak ada acuan pastinya, karena waktu makan bayi dan istirahat bayi belum teratur seperti orang dewasa, karenanya gunakan pola makan sehari sebagai berikut.
Berikan ASI sekehendak atau semaunya bayi.
Jika menggunakan susu formula pengganti ASI, berikan 5 kali sehari dengan takaran 180-210 ml untuk bayi usia 4-5 bulan. Untuk, bayi usia 5-6 bulan, berikan 5 kali sehari dengan takaran susu 210 ml-240 ml setiap kali minum. Tambahkan satu kali bubur susu dan satu kali bubur buah atau pure sayuran.

Kebutuhan gizi bayi
Usia bayi 0-6 bulan dengan berat 6,0 kg dan tinggi 60 cm, angka kecukupan gizi yang dianjurkan perharinya adalah:

Energi 550 kkal
Protein 10 g
Vitamin A 375 RE
Vitamin D 5 mcg
Vitamin E 4 mg
Vitamin C 40 mg
Vitamin B12 0/4 mcg
Kalsium 200 mg
Besi 0.5 mg
Seng 1.3 mg
Sumber: Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi, 2004
posted by Budi Sutomo, S.Pd @ 3:15 AM

Monday, April 7, 2008

Otak Bayi Anda Perlu Dirangsang

Menurut para ahli, lingkungan tempat di mana bayi dibesarkan sangat mempengaruhi perkembangan otaknya. Pada tahun pertama dalam kehidupan bayi Anda, sistem otak mulai terbentuk dengan cepat. Aktivitas otak sudah mulai membentuk hubungan elektrik sangat kecil yang disebut sinapses. Sejumlah rangsangan yang diterima bayi secara langsung mempengaruhi pembentukan sinapses ini.

Rangsangan yang senantiasa berulang akan menguatkan hubungan-hubungan tersebutdan membuatnya menjadi permanen, sementara rangsangan lain yang tidak banyak ber ulang lama-lama akan hilang. Dengan demikian tahun pertama itu merupakan saat yang paling penting bagi perkembangan otak bayi. Periode ini (perkembangan otak dan pembentukan jaringan kerja otak) merupakan periode intensif yang hanya terjadi sekali dalam seluruh kehidupan seseorang. Sebagai orangtua, tentu Anda tak ingin melewatkan kesempatan emas yang sangat singkat ini, bukan?

Berikut ini beberapa hal menakjubkan yang pernah ditemukan:

  1. Bayi memiliki suatu kebutuhan biologis dan keinginan untuk belajar
  1. Jaringan kerja sinapses yang terbentuk dalam otak bayi nyaris komplet setelah tiga tahun pertama.
  1. Semakin banyak rangsangan yang dialami bayi, sirkuit dalam otak akan semakinmeningkat dan dapat mengembangkan kemampuan belajar bayi Anda di masa depan.
  1. Otak bayi memiliki pilihan yang jelas untuk gambaran-gambaran yang sangat berbeda satu sama lain.
  1. Kemampuan otak bayi dapat menurun atau meningkat sekitar 25 persen, tergantung lingkungan dan rangsangan yang diterimanya.
  1. Rangsangan visual memiliki banyak keuntungan seperti; meningkatkan keingintahuan, konsentrasi dan kemampuan atentivitas.
  1. Permainan bayi yang paling baik adalah Anda sendiri. Buat kontak sebanyak mungkin dengan bayi Anda!

Rahasia merangsang otak si kecil

  1. Cinta. Cinta dan perhatian merupakan kebutuhan riil pertama. Bayi Anda tidak pernah mengatur atau memanipulasi Anda. Dia sangat butuh cinta mesra Anda. Cinta Anda yang tidak terbatas memperkuat penghargaan diri dan meningkatkan perkembangan sirkuit otak bayi Anda.
  2. Bicaralah pada bayi Anda sesering, selembut mungkin dengan kasanah kata sebanyak mungkin, serta berbagai ekspresi. Suara Anda adalah suara favorit bayi Anda, sebab dia sudah mulai mendengarnya sejak ada di kandungan.
  1. Jawab permintaan bayi Anda (misalnya mencoba memahami tangisan bayi Anda) tanpa ragu-ragu. Hal ini akan mengajarkan pada bayi Anda untuk berani berkomunikasi dengan orang lain, dan memberi stabilitas emosi dan kepercayaan yang tinggi untuk dia.
  1. Sentuh bayi Anda. Para ahli menemukan bahwa bayi prematur yang dibelai akan tumbuh lebih cepat, sedikit menangis, dan akan segera diperbolehkan pulang dari rumahsakit daripada yang tidak dibelai.
  1. Ekspresi yang positif. Bayi Anda akan hafal dan paham betul suara, ekspresi wajah, dan gerak Anda. Maka buatlah dia kenal ekspresi dan suara yang positif.
  1. Biarkan bayi Anda mengalami lingkungan yang berbeda; ajak jalan-jalan, tunjukkan hal-hal yang menarik di sekitar lingkungan Anda.
  1. Biarkan Bayi Anda mengenali berbagai tekstur dan temperatur (tentu jangan terlalu dingin, panas, atau keras)
  1. Sediakan lingkungan yang aman bagi eksplorasi bayi, karena pengenalan yang dilakukannya memang butuh waktu.
  1. Bacakan buku-buku. Walaupun bayi Anda belum bisa mengikuti atau membaca, namun gambar-gambar dan suara Anda baik buat dia.
  1. Mainkan musik atau biarkan bayi Anda mendengarkan musik seperti musik klasik (Mozart misalnya). Penelitian membuktikan bahwa musik klasik dapat merangsang perkembangan neuron-neuron otak bayi.
  1. 10.Ketika Anda frustrasi karena bayi Anda menjatuhkan susu ke lantai, ingatlah bahwa dia melakukan itu karena sedag mencoba mengenali dunia.

Sumber: Gaya Hidup Sehat

Wednesday, April 2, 2008

Kesukaan Ale


Ale itu sukanya kalau di pangku duduk atau berdiri, Kalau rebahan harus di ajak bercanda dan kalau kita diam saja jarinya yang akan jadi sasaran untuk diemutnya. Biasanya kalau diajak ngomong baru senang dan ketawa-ketawa. Ale juga suka kalau diajak jalan-jalan pagi, melihat burung sambil berjemur. Yang pastinya Ale sangat suka kalau ditimang-timang.

Menyusu

Kalau Ale menyusu tangannya ga bisa diam selalu memegang susu ibunya. mungkin karena merasa aman kali ya. Hal tersebut menambah rasa bahwa ASI adalah makanan terbaik yang tidak dapat tergantikan. Selain itu bayi dengan ASI jarang sakit. terbukti pada Ale yang 4 hari lagi berusia tiga bulan masih belum pernah sakit. Alhamdulillah ya dengan tanpa biaya kita bisa memberikan yang terbaik untuk anak kita. Ya Ale memang bayi yang sangat ceria.

Monday, March 31, 2008

Telepon

Ale paling ga suka kalau mama atau papanya melakukan kegiatan telepon-menelepon. Kalau kita ngobrol di telepon pasti di protes yang akhirnya sampai nangis keras kalau masih melihat kita menelepon. Padahal biasanya bayi suka orang menelepon. mungkin karena ga diperhatiin kali ya.

Sunday, March 30, 2008

Imunisasi


Kemaren Ale diimunisasi DPT. Deg-degan rasanya soalnya Ale belum pernah sakit jadinya takut kalau badannya akan panas setelah diimunisasi. Selesai diimunisasi langsung diberi paracetamol sirup. Jadinya ya ga panas tapi kalau kena bekas suntikannya langsung nangis. Tapi setelah di kompres air hangat lumayan reda. Namun yang lebih penting dari semua itu imunisasi menghindarkan Ale dari sakit yang parah. Kalau Hb atau BCG sih tenang, paling cuma nangis beberapa detik mungkin kaya perasaannya digigit semut kali ya...

Friday, March 28, 2008

My Baby Blog

I make this blog to learning English and write about my baby. I hope this blog can give benefit for my family and me. my baby is the first son. so I very happy and I trying make a baby diary. Now I think my family must be plan for my baby until my baby become to success.

Thursday, March 27, 2008

Agar bayi sehat dan ceria


Membuat bayi sehat dan ceria itu memang susah-susah gampang. Hal yang terpenting untuk mewujudkan terbentuknya bayi sehat dan ceria adalah pemberian ASI dan berusaha memenuhi kebutuhan bayi sesuai dengan keinginan bayi tersebut dan berusaha menekan keinginan orang tua supaya bayi terlihat cantik dan modis. Memang sih boleh aja bayi kita terlihat modis dan cantik namun jangan sampai hal ini mengganggu bagi bayi tersebut. Misalnya bayi yang tidak tahan panas tidak perlu di kasih baju yang berlapis-lapis karena akan membuat ruam pada kulitnya. Selain itu pemakaian bedak dan berbagai macam produk bayi juga harus di perhatikan karena tidak semua bayi tahan terhadap produk-produk yang diperuntukan buat bayi.
Memperhatikan tangisan dan ekspresi bayi kita juga sangat membantu membuat bayi kita menjadi sehat dan ceria. Dengan memperhatikan tangisan bayi kita, kita akan tahu apa yang diinginkan bayi karena suara tangisan bayi berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

Wednesday, March 26, 2008

My Happy Baby


Legolas is my happy baby, he is very like to smile. he always like if to look a people or something. He is like music, like a song from Brian Adam (Everything I Do ). Now Legolas two moon ago and I hope Legolas always healthy and happy.

Pengaruh musik bagi bayi

Musik memang sangat besar pengaruhnya baik bagi perkembangan janin maupun bayi. Hal ini terlihat pada tingkah laku bayi yang diperdengarkan musik pada saat dalam kandungan dan setelah lahir. Bayi yang di perdengarkan musik saat dalam kandungan menjadi bayi yang ceria dan cerdas. Terbukti dengan perkembangan Ale yang sangat pesat. pada umur tiga minggu Ale sudah bisa melihat dan bercanda, pada umur dua bulan Ale sudah mulai menjangkau sesuatu yang kita pegang. Beberapa hal tersebut ditambah dengan keterkejutan orang-orang apabila melihat bayi kami dapat menjadi tolok ukur bahwa bayi yang diperdengarkan musik dapat berkembang menjadi bayi yang cerdas dan ceria. Bayi yang ceria juga akan lebih stabil emosinya misalnya bangun tidur Ale langsung ketawa kalau melihat kita. Begitupun kalau sedang tidur Ale sangat jarang menangis karena ekspresinya sangat jelas kalau menginginkan sesuatu sehingga dengan mudah kita bisa memenuhi kebutuhannya. Yah bagi ibu hamil yang sudah lebih dari 6 bulan bersiap lah berpetualangan bersama janin anda dengan memperdengarkan musik padanya dengan cara menempelkan earphone pada perut anda. dan bersiaplah mendapatkan bayi yang sehat dan cerdas.

Monday, March 24, 2008

Sehat

Legolas Ali Hajji (Ale) merupakan bayi yang sehat baik fisik ( ditandai dengan kenaikan berat badan di KMS selalu berada di garis hijau) maupun sacara Emosional ( Ditandai dengan tertawa bila bangun tidur). Namun yang terpenting bagi saya adalah sehat dan cerdas secara emosional karena ini akan mempengaruhi perilaku anak kelak. Dengan sehat secara emosional anak akan lebih percaya diri dan kuat sehingga anak akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan mudah dalam mencapai kesuksesan. Saya sangat percaya akan hal tersebut. Jadi saya tidak pernah membiarkan Ale menangis terlalu lama agar dia tidak kesal. Jadi Ale menjadi bayi yang jarang menangis dan lebih banyak tertawa dan mudah diajak berkomunikasi.

Sunday, March 16, 2008

Senangnya Jadi Ibu


Kalau kita banding-bandingkan maka saat yang paling membahagiakan adalah jadi seorang Ibu, karena kita merasa ada seseorang yang secara langsung yang sangat membutuhkan kita untuk berada di sampingnya, merawat dan menyayanginya. Itulah yang saya rasakan sekarang ini. Walaupun rasa lelah karena kesibukan dirumah bertambah namun selalu ada yang menghibur kita. Memang sih kemaren lahirnya ceasar hingga saya sempat trauma sampai lupa sama orang-orang kecuali suami saya ( karena suami saya orangnya sangat baik sama saya jadi dalam alam bawah sadar pun saya masih ingat ). Maklum saya sangat takut dioperasi jadinya saya shock berat waktu divonis SC. Namun itu semua sudah menjadi cerita indah saya dan keluarga yang membuat saya dan suami saya menjadi orang yang lebih kuat dalam menjalani hidup. Sekarang yang ada hanya keceriaan Ale yang menghiasi rumah kami.
Halo semua,..
Blog ini dibuat untuk menulis segala yang ingin kami tulis tentang bayi kami, pertumbuhannya, perkembangannya dan semua tingkah lakunya. maklum new parent jadi setiap moment bayi kami sangat berharga bagi kami.
Dalam blog ini kami ingin berbagi tentang segala hal tentang bayi karena biasanya orang sering menganggap saya aneh dalam memelihara bayi. padahal saya hanya ingin memberikan yang terbaik untuk putra kami tercinta.
harapan saya dengan adanya blog ini akan memperluas pengalaman kami dalam merawat bayi kami hingga Ale menjadi anak yang kuat baik secara fisik, psikis dan emosional.